AMTS solusi mempermudah Manajemen Peralatan atau Asset Perusahaan

Dalam organisasi bisnis yang terus berkembang, kepentingan manajemen aset meningkat seiring dengan jumlah aset yang bertambah dalam sebuah perusahaan. Untuk itu diperlukan sebuah solusi yang dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mengoptimalkan pengelolaan aset mereka.

Solusi Asset Management and Tracking System atau AMTS dari ACS Group dapat mempermudah pendataan, pelacakan bahkan monitoring lokasi asset dengan mudah. AMTS dibangun dengan berbasis sistem informasi web base solution, sehingga  anda bisa akses dari mana saja via browser komputer dan juga pada mobile device, maka akan memudahkan akses dan pengambilan keputusan berdasarkan data.

Untuk pendataan asset dalam software AMTS kami menyediakan metode pendataan dengan Barcode/QR Code dan RFID untuk menjadi ID unik dari setiap asset untuk memudahkan pengenalan ketika dilakukan opname, sehingga perusahaan memiliki kendali penuh atas pengelolaan asset.

 

Kami memberikan dua pilihan untuk pemakaian Server AMTS :

1. AMTS ON-PREMISE

AMTS Server akan memakai infrastruktur IT perusahaan anda sendiri, untuk itu perusahaan anda memerlukan pengadaan infrastruktur server, tentu memerlukan biaya tambahan untuk Perangkat keras, operating system , database, ruangan khusus , jaringan & pengelolaan listrik, serta manpower perawatan server. Untuk mengurangi tambahan biaya tersebut kami memberikan solution AMTS ON-CLOUD.

2. AMTS ON-CLOUD

Metode Cloud configuration ini kami menyediakan Private Cloud untuk perusahaan anda sehingga tidak memerlukan pengadaan infrastruktur server, tentunya anda tidak perlu biaya tambahan untuk man-power perawatan server & jaringan serta listrik. Cloud juga memberikan skalabilitas terhadap team untuk mengelola asset dari mana saja.

Sistem kerja AMTS

Baik On-Premise atau On-Cloud, secara garis besar dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Selama ada koneksi jaringan (Wi-Fi atau internet) data akan synchronize langsung ke web application dan mobile computer.
  2. Upload data master dari spreadsheet dilakukan via web application.
  3. Untuk memastikan validitas data, maka setiap aset harus ada alokasi ruangannya agar status pada AMTS dapat menjadi ‘registered’ atau terdaftar di system AMTS.
  4. Label barcode / QR code sebagai identitas Aset kemudian dapat dicetak dan ditempelkan pada setiap aset dan memungkinkan juga untuk Support untuk RFID.
  5. Setiap ruangan juga memiliki barcode/QR code unik untuk memudahkan proses stock opname/ pencarian asset.

 

FITUR-FITUR AMTS (Asset Management and Tracking System)

    •   ROLE MANAGEMENT

Setiap user memiliki akses fitur-fitur tertentu, dan memberikan hak approval seperti sudah diatur di role management ini  (misalakan untuk : opname, maintenance, upload master aset).

    •   LEVEL PELACAKAN

Filter pertanggung jawaban sebuah aset dapat ditentukan berdasarkan Holding Company, Perusahaan, branch, sub-branch, divisi, department, bahkan bisa untuk informasi Level informasi area, gedung, lantai, dan ruangan.

    •   REGISTRASI

Semua data aset yang masuk ke AMTS harus dipastikan terregistrasi dengan melakukan proses registrasi via mobile atau automatic register via proses upload data master aset.

    •   COST CENTER

Setiap aset di AMTS dapat ditentukan department “pemilik”nya, sehingga alokasi pertanggung jawaban jelas.

    •   LAMPIRAN ASET

Aset info dapat ditambahkan dengan lampiran file dokumen pdf, termasuk foto atau gambar aset yang dapat ditambahkan atau diperbarui saat asset opname dilakukan

    •   ASSET COMPONENT

Transaksi Aset Component digunakan untuk mendefinisikan aset-aset yang menjadi ‘child’/anak dari aset utama yang tidak dapat dipisahkan dari suatu aset utama.

    •   TEMPLATE DUPLIKASI ASET

Transaksi Template Duplikasi Aset dapat mempercepat proses registrasi aset dengan jenis dan info yang sama, sebagai contohnya: 25 unit PC dengan spesifikasi teknis yang sama dengan satu kali transaksi dan kemudian dapat menambahkan informasi tambahan lainnya.

    •   ASSET MOVEMENT & MUTASI ASET

Dengan adanya aplikasi transaksi movement di aplikasi mobile, maka perpindahan aset anda ke lokasi lain akan terus terlacak dan tidak akan kehilangan informasi keberadaannya.

    •   BORROW-RETURN

Transaksi Borrow-Return (Peminjaman Asset) akan mengingatkan peminjam aset dan yang menyetujui peminjaman tersebut dengan mengirimkan notifikasi via email  ketika tanggal sudah mendekati/melewati overdue.

    •   SERVICE MONITORING

Berbagai aset biasanya memerlukan perawatan berkala dan perpanjangan dokumen penting, contohnya penggantian accu pada mobil operasional, service kendaraan, service AC, perpanjangan STNK, Perpanjangan polis asuransi kendaraan. Dengan fitur Notifikasi/Reminder, user  yang sudah ditentukan akan mendapatkan email pengingat agar menjaga ketepatan waktu proses services yang harus di lakukan untuk asset tersebut.

    •   OPNAME REPORT

Untuk mempermudah stock opname dan identifikasi pertanggung jawaban aset di lokasi dapat dilakukakn dengan handheld aplikasi Android, atau akses web-version AMTS dengan browser apapun. Laporan dapat dieksport ke excel atau pdf sesuai dengan kebutuhan anda.

    •   INQUIRY

Dalam menu Inquiry, setiap user dapat memilih data report/inquiry data yang ingin ditampilkan berdasarkan sub-branch, lokasi, asset class, penanggungjawab, tanggal pembelian, dan lain-lain

    •   ASSET DISPOSAL

Jika suatu aset sudah tidak digunakan atau masa pemanfaatannya sudah habis atau tidak perlu dilacak lagi, maka dapat dieksekusi dengan transaksi Asset Disposal.

 

Manajemen Aset dan Sistem Pelacakan (AMTS) adalah software yang dikembangkan oleh ACS Group, dirancang untuk membantu pelacakan aset kantor yang berharga dan produktif seperti komputer, furnitur, peralatan medis, alat-alat ,mesin pabrik dan kendaraan. Sehingga data asset yang substansial dapat dirinci lebih lanjut dengan keterangan info detail aset, lokasi, status peminjaman, dan jadwal pemeliharaan.Bila anda tertarik untuk penerapan  AMTS dari ACS Group ini Anda dapat menghubungi kami di +62 21 4208221, Whatsapp +62 811-1944-534 Email ke sales.admin@acsgroup.co.id.

ACS GROUP (PT.AUTOJAYA IDETECH & PT.SOLUSI PERIFERAL) sebagai perusahaan profesional yang berdiri sejak tahun 1992, telah memberikan solusi tepat guna untuk ribuan Enterprise di seluruh Indonesia baik untuk solusi AIDC, IT Infrastructure, Enterprise Security System dan Enterprise Business Solution. Perusahaan kami memiliki 4 cabang yaitu di Cikarang, Semarang, Surabaya dan Denpasar.

Untuk informasi lebih jelas silahkan melihat video di youtube ACS Group “Asset Management Tracking System (AMTS) Ver 6.0 by ACS Group”

Recommended Posts