TIPS Dan INFO: Visibilitas Rantai Pasok 3.0: Solusi Beacon Berbasis Bluetooth Rendah (BLE)

Suar, tag Bluetooth atau tag BLELain tag RFID aktif. Mereka memiliki baterai built-in dan memiliki jangkauan baca yang jauh. Perbedaan paling unik antara BLE dan RFID adalah suar yang bekerja pada teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) yang sangat hemat daya. BLE merupakan protokol yang berhasil yang telah tersedia serta merupakan fitur yang ada pada chipset GSM besar (istilah lain dari ponsel Anda), membuat BLE Beacon sebagai perangkat yang unggul juga strategis dalam hal pemanfaatan dan skalabilitas biaya.

  1. Anda dapat membaca Beacon dengan ponsel Anda atau perangkat hotspot apa pun yang menggunakan chipset GSM dengan BLE. Karena Perangkat GSM sudah otomatis terhubung ke web, Anda tidak perlu lagi menginstal jaringan, menginstalasi router atau berada di zona WiFi.
  2. Anda dapat memperoleh lokasi secara real-time dengan menggunakan chip GPS pada perangkat GSM Anda atau melalui triangulasi seluler sehingga Anda tidak hanya dapat melacak produk yang sesuai dengan truk, tetapi juga melacak keberadaa truk tersebut.
  3. Rentang Baca yang Jauh: Beacon memiliki rentang baca yang lebih jauh dari RFID aktif karena sifat hemat energi dari teknologi BLE. Anda dapat mengcover gudang besar hanya dengan beberapa zona hotspot atau mengcover seluruh bagian truk yang membawa paket hanya dengan satu ponsel.
  4. Pemakaian daya yang lebih sedikit: Beacon efektif dapat mentransfer banyak informasi (sensor data seperti suhu, kelembaban, cahaya) tanpa menghabiskan banyak daya - lagi-lagi karena sifat protokol BLE. Ini memungkinkan tag BLE atau beacons bertahan hingga 3 tahun tanpa perlu melakukan pengisian ulang daya.
  5. Hemat Biaya: Karena menggunakan protokol Bluetooth ponsel pada umunya, tag berbasis massal dan hampir mencapai skala ekonomis. Beacon harganya sudah sangat murah jadi tidak perlu jika kamu membuangnya setelah dipakai.

Setelah membandingkan keunggulan teknologi BLE beacon dengan RFID dan barcode, membandingkannya tidak akan melengkapi jika kita tidak mendukung tren teknologi terbaru yang disebut Near Field Communication atau NFC yang juga sebanding dengan beacon RFID atau BLE.

Recommended Posts